ok

?>
RSS

Thursday, July 14, 2011

Tips Kurangi Gula Darah

Tips Kurangi Gula Darah – Kadar gula darah Anda naik? Tenang! Kini tanpa obat-obatan pun Anda bisa mengontrol kadar gula darah dengan baik. Cukup dengan cara yang sederhana saja. Cermat memilih bahan makanan dan minuman. Trus gimana cara nya? Sudah bukan rahasia umum lagi, kadar gula darah yang naik bisa disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang kurang terkontrol. Kadar gula darah tinggi karena tubuh kekurangan insulin yang berperan mengatur gula darah. Bisa karena tubuh tidak bisa memproduksi atau memproduksinya dalam jumlah yang terhitungsedikit.

Rasa lapar dipicu oleh gula darah. Jika gula darah stabil maka pola makan juga ikut stabil. Tetapi jika Anda tidak makan selama berjam-jam maka akan terasa lapar sekali dan ingin segera makan makanan berat. Gula darah yang naik dengan cepat akan membuat pankreas melepas banyak insulin. Insulin adalah hormon yang tidak hanya menurunkan gula darah tetapi juga memberi signal untuk menimbun lemak.

Cara paling efektif menjaga gula darah agar tetap seimbang adalah dengan menghindari makanan yang mengandung soda atau tambahan gula, jus buah dan makanan yang dipanggang. Anda tak perlu cemas, sebab bisa diganti dengan makanan yang mengandung serat dan vitamin, seperti pasta, nasi, kentang, roti, atau makanan mengandung tepung.

Selain enak makanan tersebut memberi asupan vitamin dan serat. Perlu diingat Anda hanya perlu 30-40g karbohidrat saat sarapan, makan siang dan makan malam dan 10 – 20 g karbohidrat untuk camilan. Jika anda ingin mengontrol gula darah maka lakukan tips kurangi gula darah berikut:

1.Makanlah teratur setiap 3 jam. Makan dengan porsi kecil akan membuat Anda makan tanpa menunggu lapar.
2.Makanlah protein dan lemak (daging, keju, kacang, atau telur mengandung keduanya) pada setiap kali makan. Hal ini memperlambat pencernaan karbohidrat, yang membantu mencegah lonjakan kadar gula darah.
3.Konsumsi ‘whole grain’. Cermatlah dalam mengkonsumsi karbohidrat. Pastikan roti, cake dan biskuit yang Anda beli merupakan 100% whole grain. Karena ‘whole grain’ mengandung serat, yang bisa menurunkan kadar gula darah.

Jagalah kesehatan tubuh anda dengan menstabilkan kadar gula darah anda… Semoga tips kurangi gula darah di atas bermanfaat bagi anda

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.